Friday, March 20, 2009

Sekadar header

Pengguna email yahoo mungkin terbiasa dengan tampilan baru di yahoo mail. Dengan ragam bingkai dan tabulasi pesan yang dibaca, Yahoo berusaha untuk tampil seperti tampilan email client lainnya. Bahkan terdapat enhancement fitur dengan menanamkan link untuk chat sembari membaca dan membalas email.

Fitur baru ini rupanya merupakan hasil elaborasi mendalam tentang kebiasaan dasar dari jejaring sosial. Bagi yang akrab dengan facebook, twitter, friendster, yahoo, ataupun gtalk, kebutuhan informasi dasar selalu disajikan dalam bentuk short message yang sifatnya instan. baik info tersebut soal status, opini, ataupun sekadar iklan mini. Ke-instan-an ini juga terkait dengan kebiasaan dasar jejaring sosial, yaitu percakapan.

Merespon itu semua tentu dibutuhkan adaptasi kebiasaan terutama dengan pengayaan konten dan fitur yang disajikan. Adaptasi ini terasa menyulitkan ketika infrastruktur jaringan berada di batas minimum. Apapun itu adaptasi kebiasaan ini agak menyulitkan ketika dikombinasi dengan kebiasaan memberikan komentar panjang dan bukan pesan instan.

Berkaca dari pertumbuhan penyuka mie instan. Optimisme tumbuh bahwa jumlah pengguna aktif komunikasi berbasis pesan instan akan melaju kencang dibandingkan pengguna aktif komentas panjang. Semoga hal ini akan memicu para penyedia layanan blog untuk memberikan fitur komunikasi berbasis pesan instan.

 

Technorati Tags: , ,

No comments: