Wednesday, October 21, 2009

New President Man

Setelah menyaksikan keriuhan pemilihan anggota kabinet rasanya cukup gatal untuk tidak berkomentar. Pro-kontra pemilihan biasa saja. Toh semuanya kembali pada hak presiden.


Secara cepat, figur-figur yang dipilih kali ini tampak karakter kerja keras begitu menonjol. Para pembantu presiden di bidang ekonomi terlihat adalah orang-orang bekerja sangat detil. Karakter ini juga memberi harapan perubahan ekonomi riil akan berjalan.

Kalau menilik kompetensi, sepertinya pengetatan anggaran belanja menjadi tema besar managerial kabinet kali ini. Dari sisi capaian Millenium Development Goal yang dituju juga bukan hal yang sulit untuk dilampaui dalam kurun dua tahun, karena sebagian besar sudah matang oleh kabinet sebelumnya. Kabinet kali ini sepertinya betul-betul akan mempercepat recovery ekonomi dalam rentang 2 tahun ke depan. Dari sini, bisa ditebak, akan ada reshuffle kabinet setelah 2 tahun mendatang. Ketika konstelasi politik mulai bergerak pada persiapan pilpres.

Apresiasi besar perlu diberikan ke presiden dan tim yang telah bekerja menyusun program kerja lebih rinci dari sebelumnya.



No comments: